Olimpiade matematika sudah menjadi rutinitas tahunan dalam tubuh Himatika (himpunan mahasiswa jurusan matematika) yang selama beberapa tahun ini dilaksanakan. Dalam tahun ini juga dilaksanakan olimpiade tingkat SMP dan SMA/sederajat semadura dengan tema “”
Menurut ketua umum Himatika yaitu saudara Eko Surya Walyanto mengatakan olimpiade pada tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu baik susunan acara maupun kegiatannya. Mahasiswa yang juga aktif di pers ini  menginginkan kinerja panitia yang harus besungguh-sungguh dalam menghadapi olimpiade kali ini agar kegiatan berlangsung sukses dan lancar, mahasiswa semester 7 ini mempunyai kata-kata yang selalu dilontarkan terhadap panitia yaitu “kita jangan hanya menunggu bola, tapi jemputlah bola” yang dapat di artikan bahwa panitia jangan selalu menunggu perintah tapi harus mempunyai rasa kepedulian yang tinggi terhadap acara ini.


Melihat ulasan dari ketua panitia olimpiade matematika tingkat SMP dan SMA/sederajat se-Madura yaitu Ahmad Nur Hadi mengatakan bahwa bangga menjadi ketua panitia yang merupakan acara yang besar dari acara-acara himatika itu sendiri. Namun disetiap acara pasti ada satu-ataupun dua kendala yang harus dihadapi seperti peserta yang belum mencapai target yang dikarenakan kurang pasnuya tanggal acara yang berbenturan dengan hari libur sekolah dan UAS  sera publikasi yang kurang merata tapi hal itu tidak menyurutkan semangat dari seluruh panitia olimpiade. Menurut Mahasiswa semester 5 ini dengan adanya olimpade matematika tingkat SMP dan SMA/sederajat se-Madura ini bertujuan untuk mengetahui dan merupakan salah satu media untuk ajang mengasah kompetensi siwa dibidang pendidikan khususnya dibidang matematika.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Desember ini terbilang lancer dan sukses meskipun ada kerikil kecil yang menghadangnya. Itu terbukti dalam acara babak penyisihan, semifinal dan final di tingkat SMP dan SMA yang penuh antusias dan kesungguhan dari para peserta olimpiade. Hal itu yang sangat menegangkan juga tergambar dalam Final detik-detik penentuan juara yang membawa ruangan terbawa dalam suasana haru biru ketegangan sehingga didapat sang juara SMP yang diraih oleh delegasi dari SMPN 2 Pamekasan dan dari SMA dari delegasi MA darul Ulum Banyuanyar Pamekasan. Panitia mengucapkan selamat dan sukses untuk para pemenang.