Drs. Zainal Arifin adalah nama lengkap dari dosen yang akrab disapa pak sinal oleh mahasiswa/I universitas madura. Beliau merupakan dosen senior prodi matematika di universitas madura. Beliau lahir di pamekasanpada tanggal 5 oktober 1962 dan sekarang tinggal di jalan kangenan no.76 pamekasan bersama istri dan 3orang anaknya.
    
    
          Riwayat pendidikan beliau:
  • SDN Sopaah tahun 1968
  • SMPN 1 pamekasan tahun 1974
  • SMAN pamekasan tahun 1977
  • Perguruan tinggi IKIP  Negeri Malang tahun 1981


           Pak sinal memulai karirnya di universitas madura sejak September 1985 sampai sekarang (26 tahun). Pada saat itu hanya ada satu dosen yang bidangnya ilmu matematika yaitu beliau, sementara dosen lainnya berasal dari sarjana tekhnik dan sarjana pertanian. Pada tahun 1987 baru ada dosen yang latar belakang keilmuannya di bidang matematika.
         
          Pada awal januari 1986 beliau dipercayai sebagai PD 11 sampai dengan tahun 1989 sekaligus pada waktu itu beliau juga merangkap sebagai guru SMA 1 pamekasan
.
          Pak sinal merupakan perintia dari penyusunan  silabi prodi matematika FKIP bersama bapak Drs. H. Kutwa M.pd.dan bapak M. Harianto M.pd.beliau juga merupakan perintis berdirinya prodi matematika di universitas madura bersama:

·         Drs. Ali Sabidin
·         Drs. H. Kutwa M.pd
·         H. Abdur Roziq M.pd
·         M. Harianto M.pd

           Mengapa pak sinal bangga mengajar di universitas madura?karena beliau memiliki keterikatan moral dengan universitas madura khususnya matematika. Beliau juga berharap  semoga beliau masih bisa mengabdi di universitas madura sampai hembusan nafas terahir
.
            Banyak sesuatu yang patut di teladani dari beliau , hal ini dapat dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang telah beliau ukir selama ini diantaranya:

·         Peringkat 1 diklat instruktur pengembangan matematika tingkat nasional di jogja pada tahun 2006.
·         Guru terbaik se pamekasan pada tahun 2010.
·         Pembina OSN matematika kabupaten pamekasan.
·         Ketua MGMT (Musyawarah Guru Matematika) kabupaten pamekasan.
·         Anggota TPK (Tim Pengembang Kurikulum) kabupaten pamekasan.
·         Guru inti matematika kabupaten pamekasan, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lain yang beliau raih.

 Adapun pesan dari pak sinal untuk warga matematika universitas madura yaitu”

Hidup adalah suatu pilihan,anda sudah memilih profesi sebagai guru matematika dalam manjalani kehidupan.oleh karena itu jadilah guru yang kompeten (mempunyai pengetahuan matematika yang cukup di bidangnya,mempunyai sikap yang baik sebagai guru,dan didasari moral sebagai pondasinya).sehingga selalu tingkatkan pengetahuan matematika karena ilmu tidak pernah tamat,tidak pernah berhenti,ilmu selalu berkembang dari waktu ke waktu sehingga keberadaan anda selalu diperhitungkan dikomunitasnya.


MOTTO:”Bekerja adalah ibadah dan tidak pernah mengenal kata istirahat (santai) dan kita akan menikmati (santai) saat kita akan memasuki pintu surga (InsyaALLAH).