Universitas Madura ini terdiri dari berbagai macam fakultas maupun jurusan, salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mencangkup dalam tiga jurusan yaitu Jurusan Matematika, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan juga Jurusan Bahasa Inggris. Semua jurusan itu tentunya mempunyai (kelompok) dari masing-masing jurusan tersebut. Seperti jurusan matematika yang menamakan diri Himpunan Mahasiswa Matematika, sehingga disingkat Himatika.
Pengelompokan tersebut bertujuan agar nantinya dapat merangkul seluruh mahasiswa matematika supaya mempererat tali persaudaraan serta menjadi wadah aspirasi yang nantinya dapat disampaikan ke pihak fakultas.
Namun terkadang mahasiswa itu sendiri masih belum tahu mengenai bagai mana asal-usul dan sejarah adanya himatika ini. Yang awal terbentuknya kurang dari 100 mahasiswa, dengan permasalahan tidak adanya wadah yang dapat menggabungkan mahasiswa matematika di universitas madura ini, yang nantinya apabila ada suatu permasalahan dalam mahasiswa matematika akan lebih mudah terselesaikan dan mudah untuk disampaikan ke fakultas dan juga untuk mempererat tali persaudaraan mahasiswa matematika itu sendiri.sehingga sekelompok mahasiswa yang di prakarsai kak Andi Jailanipada tanggal 25 Desember 1998 di masjid unira, masjid ibnu kholdun.tercetuslah wadah bagi anak matematika yang di ber nama HIMATIKA UNIRA
Dengan terbentuknya himatika ini nantinya dapat menciptakan berbagai perkembangan memajukan Himatika. Berbagai program-program yang diadakan oleh himatika menjadi kelebihan tersendiri dari himatika dibandingkan dengan jurusan lain, itu semua karena dukungan dari teman-teman pengusrus himatika dan semua aspek yang ada d jurusan matematika untuk mensukseskan berbagai acara acara yang di laksanakan oleh himpunan mahsiswa matematika ( HIMATIKA) Seperti pengukuhan anggota himatika yang di kenal dengan KBM atau baksos himatika, selain itu ada juga program andalan dari himatika yaitu studi aplikasi pendidikan (SAP), dimana kegiatan ini menuntut kemampuan dari setiap mahasiwa untuk dapat menagajar dan juga mengembangkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ilmunya untuk disampaikan pada peserta didik, pelaksanan kegiatan SAP pada tahun 2011 ini di laksanakan di desa palengaan laok, kecamatan palengaan kabupaten pamekasan.
Selain itu untuk mengukur pengetahuan di bidang matematika maka himatika secra rutin tiap tahunnya mengadakan olimpiade tingkat SD, SMP, maupun SMA se madura, dan program terbaru yang diadakan himatika baru-baru ini adalah Star of Matematic madhura university yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika teman-teman mahasiswa di jurusan matematika. Dan ternyata minat teman-teman himatika dalam acara tersebut sangat baik, hal itu terbukti dari banyak teman-teman yang mengikuti acara itu. Yang mencapai104 peserta.
Tentunya mahasiswa juga tidak kalah bersaing dengan jurusan lain. Sealain berbagai program yang dibilang aktif, juga dapat dilihat bahwa mahasiswa matematika dapat menduduki tingkat BEM FKIP selama dua periode ini, yaitu Rahmat Fajar dan periode selanjutnya Moh. Zayyadi. Sudah terbukti bahwa teman-teman himatka dapat bersaing di tingkat fakultas.
Tak hanya program-program itu saja, himatika makin memperlebar sayapnya dengan membuat suatu wadah untuk menuangkan kreatifitas mahasiswanya melalui buletin himatika dengan nama pena himatika (penta) yang dapat menambah pengetahuan baru bagi teman-teman himatika di bidang jurnalistik, bahkan BEM FKIP 2010-2011 yang biasa dipanggil kak “jay” yang kami wawancarai sangat mendukung dengan adanya buletin himatika ini, ”saya sangat apresiatif sekali, karena dengan adanya pena himatika (penta), aspirasi keinginan dan permasalahan yang ada di matematika dapat disampaikan ke pihak fakultas, dan juga dapat membantu kinerja saya sebagai BEM FKIP untuk lebih mensejahterakan teman-teman himatika pada khususnya” ujar kak jay
Dari berbagai kemajuan dan perkembangan yang ada pada himatika, semoga dapat eksis dan dapat mengangkat nama universitas madura dikancah nasional ataupun internasional.
Berikut daftar ketua himatka
1.kak andi
2 kak muhlis
3.kak edi
4 .kak fety
5.kak kamil
6kak lisna
7.kak syafi’ih
8. kak fajar
9.kak jay
10. kak hoirul
11.kak Eko Surya
12……….????