Umumnya di sebuah Universitas pasti ada Fakultas dan begitu juga dengan jurusan. Hal yang sama juga berlaku di  Universitas Madura (Unira). Untuk Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) yang terdiri dari 3 jurusan Matematika, Bahasa Indonesia dan JUga Bahasa Inggris. Di jajaran Bem FKIP sudah tertera agenda tahunan BEM FKIP yaitu perayaan hari jadi FKIP di Universitas Madura yang kini pada tahun 2011 sudah menginjak yang ke-15.
Pada diesnatalis FKIP kali ini yang bertemakan “FKIP goes TO Greatness of education” acara berlangsung meriah dan sukses selama 3 hari ini pada tanggal 22-24 Desember 2011. Dan tak hanya berhenti di kata itu saja tapi di acara perayaan kali ini terasa berbeda dengan tahun kemaren yaitu dengan adanya kegiatan yang tidak dilaksanakan pada tahun kemaren  seperti pengajian, lomba tradisional yang meliputi lomba paku masuk botol, Bakiak dan balap karung. Ungkap ketua Bem FKIP Universitas Madura Hoirul Anwar jurusan Matematika.

Hal yang senada di ungkap dari Ach. Sutrisno jurusan Matematika selaku Ketua Panitia Diesnatalis FKIP ke 15 yang mengungkap bahwa ada perbedaan kegiatan dari tahun lalu seperti acara donor darah, dan hari seni budaya. Dan hal yang paling berbeda adalah kalau tahun kemaren acara puncak di letakkan pada malam hari tapi pada tahun ini diletakkan pada siang hari. Menurut mahasiswa semester tujuh ini ada beberapa alasan yang memperkuat keadaan sehingga acara puncak diletakkan pada siang hari seperti kondisi cuaca yang tidak menentu, jajaran Dosen Fakultas yang ada diklat khusus dan juga berbenturan pada acara Olimpiade Matematika yang dilaksanakan pada tanggal 25 Desember esoknya. Meskipun acara sedikit berbeda dari tahun lalu ini tidak mengurangi semangat dari panitia Diesnatalis FKIP ke -15 yang tergabung di Bem. Untuk mendukung dan mensukseskan acara kami tak lupa bekerja sama dengan AKBID, lintas Uiversitas di UIM (Universitsas Islam Madura) yang bekerja sama dengan akper dan juga dengan Dinas perhubungan komunikasi, dinas pertanian, perpustakaan umum, dan juga dengan perusahaan buku dari Malang. Kami juga melibatkan sponsor dari indosat untuk melengkapi acara kami.
Harapan dari ketua Bem dan Ketua Panita tidak jauh berbeda yaitu berharap dengan acara ini kita dapat menjaga dan melestarikan agenda tahunan ini untuk tahun depan dan untuk tahun-tahun berikutnya. Dan untuk FKIP itu sendiri semoga lebih Berjaya lagi dan bisa mencetak pribadi mahasiswa yang unggul dalam prestasi disamping itu juga mahasiswa di Unira khususnya mahasiswa FKIP untuk terus kembangkan pendidikan yang multi talent yang tidak hanya bisa belajar menerima ilmu tetapi juga bisa mengaplikasikan pada lingkungan luar yang didukung dengan rasa sosialisme yang tinggi.(red)