Fungsi/kegunaan :  Untuk  menentukan  besar  sudut  elevasi  dalam  mengukur  tinggi obyek secara tidak langsung.

Petunjuk kerja :

Misal tinggi benda yang akan diukur adalah tinggi pohon:

1.   Letakkan klinometer di atas meja dan arahkan ke puncak pohon melalui lubang pembidik klinometer, dengan puncak pohon yang dibidik dan lubang pembidik dalam suatu garis lurus.
2.   Tentukan besar sudut elevasi, melalui letak tali bandul terhadap busur derajat dan klinometer.

Bentuk Alat Peraga
 



 
Gambar dan keterangan:
 

   Jika  tali  bandul  menunjuk  pada  posisi  600,  maka  sudut  elevasinya 300 (penyiku dari 600)
-    Jika  tali  bandul  menunjuk  pada  posisi  400, maka  besar  sudut  elevasinya  500 (penyiku dari 400)

3.  Untuk menentukan tinggi pohon juga diperlukan pengukuran tinggi mata (dalam hal ini sama dengan tinggi meja), jarak antara si pengukur dan pohon yang dicari tingginya.
4.    Setelah diperoleh hasil pengukuran di lapangan, tentukan tinggi pohon yang dicari melalui pengukuran dengan skala. Guru dapat meminta siswa untuk menggambar hasil-hasil pengukuran di atas selembar kertas.
-    Misal dalam menggambarkan jarak antara si pengukur dengan pohon digunakan skala sebagai berikut: 5 m (jarak sebenarnya) dapat diwakili 1 cm ( pada gambar)
-    Selanjutnya dengan menggunakan busur derajat, siswa diminta menggambarkan sudut elevasi sebesar 15o melalui titik A
-    Tinggi “sebagian” pohon yaitu y dapat dicari dengan jalan menarik garis tegak lurus melalui titik D, sampai memotong perpanjangan “sinar” yang membentuk sudut elevasi. Gambar yang diminta adalah sebagai berikut:






-    Y dapat diukur dengan menggunakan penggaris biasa. Jika y = 2,2 cm, maka panjang y sebenarnya = 2,2 x 500 cm = 1100 cm = 11 m
-    Tinggi pohon seluruhnya adalah seluruhnya adalah: panjang y + tinggi meja, missal tinggi meja = 0,75 m atau 75 cm, maka tinggi pohon seluruhnya = 11 m + 0,75 m = 11,75 m



Catatan :

Klinometer ini adalah alat peraga yang digunakan di luar kelas/ di lapangan