Kemah bakti mahsiswa yang familiar dengan baksos sudah m,enjadi kegiatan rutin dari setiap hmj di fakultas keguruan dan ilmu pendidkan , Kegiatan yang bisa dibilang menguras jiwa, raga dan insting kita. Namun pada dasarnya setiap kegiatan pasti memiliki suatu tujuan dan manfaat serta menghasilkan output yang memadai.
Sebenarnya BAKSOS itu apa sich??? Bisa dibilang suatu kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana kita melibatkan dengan masyarakat setempat, jg lebih mengedepankan sosialnya (Bakti Sosial). didalamnya juga dijelaskan khal –khal untuk  menjadi sosok mahasiswa yang bertanggung jawab dan mau berproses. sesuai dengan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI mahasiswa tidak akan dikatakan insan yang berguna jika tidak menerapkan asas-asas tersebut. TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI tersebut meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Pada dasarnya kita memang dilatih untuk bersosial, banyak cara pengaplikasiannya antara lain memberikan sembako serta berupa kerja bakti dengan bersih-bersih disekitar kawasan perkampungan. Meskipun dibenak kita kegiatan ini merupakan kegiatan yang sepele, banyak hal yang dapat kita ambil manfaatnya. Dari hal kecil kita bisa belajar, dari hal kecil nantinya kita akan menjadi orang besar dan terbiasa dengan pola komitmen hidup.
 Awalnya kita mengenyam Pendidikan lewat perguruan tinggi, tahap selanjutnya yaitu proses pengembangan diberi berupa penelitian dan tes yang biasanya kita kenal dengan sebutan skripsi.  Setelah semuanya terlaksana, proses pematangan tersebut diterapkan dalam bentuk pengabdian yang sebenarnya yakni,Diaplikasikan lewat jalur pendidikan.Dikatakan mahasiswa sejati, apabila mahasiswa  tersebut sudah bisa menjadi agent of social control, agent of social change dan agent of social balance.
Ketika kita di selipkan tentang pertanyaan menggelitik yaitu penting gak sih baksos itu? Maka kita  bisa menguraikan komponen penting sehingga dengan terang mengatakan baksos itu penting apalagi untuk Mahasiswa Ketika kita  mengintip kegiatan baksos di Prodi matematika Universitas Madura pada tahun lalu. Tidak sedikit mahasiswa yang malas ikut kegiatan yang positif ini, setelah di usut kebeberapa sumber diperoleh jawaban yang beragam. Ada yang karena merupakan anak mama sehingga belum bisa pisah untuk beberapa hari dengan keluarga, dan ada pula yang mengatakan kegiatan baksos adalah kegiatan yang merugikan badan saja. Dengan data tersebut bahwa seseorang tadi masih belum bisa bersosialisasi dengan para temannya apalagi dengan masyarakat lain. Sehingga tercetuslah baksos itu tidak penting. Hal itu bisa kita  tepis dengan kenyataan yang ada, mahasiswa yang mengikuti baksos itu akan lebih menghargai orang lain, dan lebih care dengan mahasiswa lain dan bahkan masyarakat sekalipun.
Kegiatan baksos ini juga sangat penting untuk pelatihan mental kita, dimana kita di tuntut untuk menghargai orang lain, belajar mengatur sendiri kegiatan kita yang dituntut mandiri. Sehingga kita nanti akan sukses Ketika terjun di dunia yang nyata yaitu lingkungan masyarakat. Di nsamping itu kegiatan baksos ini sangatlah penting bagi mahasiswa dalam melaksanakan agenda tersebut khususnya bagi mahasiswa baru guna untuk menanamkan kematangan awal, sehingga membentuk kepribadian dan akhirnya menjadi insan yang berguna buat liingkungan masyarakat dan anak didik kita nantinya. Adanya agenda tersebut dari tahun ke tahun bisa lebih dtingkatkan kembali serta dikemas sebaik mungkin khususnya bagi prodi matematika. Seperti pepatah bilang, belajarlah dari kejadian awal karena langkah awal yang nantinya akan menampung berbagai inspirasi yang brilliant buat masa depan  TETAP BERJUANG DAN SEMOGA SUKSES......!!!!